Everest bukan gunung tertinggi di dunia!!!

Everest Bukanlah Gunung Tertinggi!!!

Kebanyakan murid sekolah di Australia diajari bahwa titik tertinggi di dunia adalah puncak Gunung Everest, dan Gunung Kosciusko adalah gunung tertinggi di Australia. Tapi, kebanyakan murid sekolah telah diberi informasi yang menyesatkan!

Jadi, ada cerita apa tentang Gunung Kosciusko? Gunung ini memang menjadi gunung tertinggi (2228 m) di daratan Australia.

Gunung tertinggi yang diakui di Australia adalah yang berada di Wilayah Antartika Australia, Gunung McClintock ( di sektor timur dengan 3490 M) dan Gunung Menzies ( di sektor barat dengan 3355 M). Namun, gunung tertinggi di wilayah kekuasaan Australia adalah Gunung Mawson (2475 M) pada kompleks Pegunungan Big Ben di Heard Island, Samudera Hindia Selatan, sekitar 4000 km di sebelah barat daya kota Perth. Jadi, meskipun Gunung Kosciusko diberi kehormatan menjadi gunung tertinggi di Daratan Australia, tapi itu bukanlah gunung tertinggi di wilayah Australia.

Dan Australia masih punya Gunung Berapi.

Australia tidak memiliki teknologi untuk memonitor aktivitas vulkanis di Heart Island yang terpencil dengan cuaca tidak menentu, namun ada beberapa letusan hebat di Big Ben pada Bulan Pebruari 2001.

Lalu bagaimana dengan Gunung Everest? Apakah itu gunung tertinggi di dunia? Ini semua tergantung pada apa yang Anda maksud dengan “tertinggi”. Apakah berarti “tertinggi di atas permukaan laut”, atau berarti “paling tinggi menonjol ke atas dan paling jauh dari Pusat Bumi”?

Kembali pada abad ke-17 dan ke-18, ada pemikiran bahwa Gunung, sebuah gunung berapi yang telah mati dan tertutup salju di Ekuador, adalah puncak tertinggi di dunia, berada pada 6310 m di atas permukaan laut. Tahun 1852, Great Trigonomterical Survey di India mencatat bahwa sebuah gunung yang disebut Peak XV adalah yang tertinggi dengan puncak 8840 M. Orang Inngris menamainya Everest pada tahun 1865, mengambil nama Sir George Everest, yang menjadi British Surveyor General dari tahun 1830-1843. Tampaknya tidak diperhatikan bahwa penduduk Tibet dan Nepal yang berada di gunung tersebut sebenarnya telah memberikan nama yang bagus seperti Chomulungma atau “Ibu Dewi Negeri” oleh orang Tibet, dan Sagarmatha oleh orang Nepal. Memang, Everest sendiri berpikir bahwa gunung sebaiknya diberi nama lokal, namun ia jelas tak memprotes terlalu keras.

Alasan mengapa Gunung Everest bukanlah puncak tertinggi di dunia adalah perputaran Bumi, perputaran ini membuat seluruh planet menonjol ke luar ke khatulistiwa atau bisa dikatakan bahwa bumi sebenarnya mempat di kutub dan mengembang di khatulistiwa. Diameter Bumi melalui ekuator adalah sekitar 21 KM lebih panjang daripada diameter yang diukur di kedua kutub Bumi.

Mari kita lihat kembali Gunung Chimborazo, yang pernah dianggap sebagai gunung tertinggi di dunia. Orang yang pertama kali mendaki gunung ini adalah Edward Whymper pada tahun 1880.

Gunung Chimborazo berada 1,5o lintang selatan, sementara Everest lebih jauh lagi di sekitar lengkung Bumi pada 28o Lintang Utara. Jadi, meskipun Gunung Chimborazo 2.540 m lebih dekat ke permukaan laut dibandingkan Gunung Everest, tetapi 2.202 m lebih jauh dari pusat Bumi. Gunung ini menonjol lebih tinggi ke angkasa daripada Everest. Dan ternyata 3 puncak lainnya yaitu Huascaran, Cotopaxi, dan Kilimanjaro juga lebih tinggi daripada Everest.

Bagaimanapun, Gunung Everest masih menjadi gunung tertinggi di atas permukaan laut. Pada akhir 2001, 1.314 orang telah mencapai puncaknya, dan 167 orang meninggal dalam usaha untuk mendaki Gunung Everest. Jika Anda memiliki US$ 65.000, dan sehat secara fisik, Anda dapat mencoba untuk mencapai puncaknya. Namun, jika Anda tak memiliki uang, Anda dapat menghibur diri dengan pengetahuan bahwa mereka semua mendaki gunung yang salah (bukan gunung yang tertinggi). Di sisi lain, Gunung Everest terus bertambah tinggi sekitar 5-10 mm setiap tahun ketika massa lempengan  tanah India membentur Asia, mendorong Tibet menjadi lebih tinggi. Jadi, yang harus dilakukan semua orang kaya adalah menunggu setengah juta tahun lagi agar Everest menjadi gunung tertinggi di dunia, dipandang dari semua definisi tentunya.

Dikutip dari:

Kruszelnicki, Karl. Great Myth Conception (Mito-mitos Besar yang Keliru). Sydney: HarperCollins Publishers, 2004.

Referensi

“2 of British team conquer Everest – highest peak won”, New York Times, 2 Juni 1953, hlm. 1.

“Ask Us”, National Geographic,  Januari 2002.

Kiernan, Kevin, Fitch, Stu & McConnel, Anne, “Big Ben : The Fire Beneath the ice”, Australian Antartic Magazine, Musim Semi 2001, hlm. 4-5.

Pott, Auriol, “A friend told me that Mt Everest isn’t the highest point on Earth. Is she right?”, Focus, Desember 2000, hlm. 34.

Recyclearea.wordpress.com

About these ads

Satu gagasan untuk “Everest bukan gunung tertinggi di dunia!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s