Antara Pemimpin dan Bos

Antara Pemimpin dan Bos

Banyak orang-orang mengikuti training kepemimipinan. Sudah barang tentu mereka mengikuti training itu untuk menjadi seorang pemimpin. Namun, banyak diantara mereka yang tak dapat menjadi pemimpin seutuhnya melainkan menjadi seorang bos.

Bos berasal dari kata “boss” yang berasal dari bahasa Inggris. Boss berarti kepala,atasan,majikan. Dari artinya kita dapat membayangkan apa makna dari bos itu. Bos bermakna orang yang menjadikan orang lain “anak buahnya” yang dapat ia perintah,lebih sering untuk kepuasan sang bos. Sementara itu, pemimpin  memiliki definisi yang berbeda dengan bos. Pemimpin berarti orang yang memimpin beberapa orang untuk menjadi tujuan bersama.

Menurut John Adair, Pemimpin adalah teladan yang dihormati. Sedangkan,bos adalah kedudukan yang ditakuti. Pemimpin menggunakan kekuasaan secara cerdas dan peka, maka ia memiliki kewenangan tanpa menjadi sewenang-wenang. Pemimpin mampu mempertahankan rasa keterarahan kelompoknya dalam kegiatan sehari-hari. Sementara itu, bos bertindak sempoyongan dari satu krisis ke krisis lain, bagai orang mabuk.

Perbedaan perilaku antara pemimpin dan bos lah yang menyebabkan akibat-akibat di atas terjadi. Pemimpin lebih dihormati daripada bos karena pemimpin memberikan teladan kualitas-kualitas yang diharapkan atau yang dituntut oleh kelompok kerja mereka. Bos cenderung bertindak egois dan tak mau mendengar pendapat dari kelompoknya. Pemimpin meminta kepada anggota kelompoknya, bos menyuruh kepada”anak buahnya” sehingga pemimpin lebih mendapatkaan respek yang pada akhirnya menimbulkan keterarahan terhadap kelompok yang dipimpinnya, bos sulit untuk mendapatkan respek sehingga mereka cenderung dihiraukan oleh anak buahnya dan menimbulkan ketidakpastian dalam kelompoknya.

Pemimpin : dibentuk atau dilahirkan?

Anda  barangkali pernah mendengar kisah tentang eksekutif muda yang membaca dalam laporan tahunannya “ Smith belum memilik kualitas yang dimiliki seseorang yang dilahirkan sebagai pemimpin”. Pada kalimat itu tersirat bahwa Smith tidaklah dilahirkan sebagai pemimpin. Apakah benar ada seseorang yang tak dilahirkan sebagai pemimpin?

Menurut kelompok situsionalis, tidak ada istilah “dilahirkan sebagai pemimpin”. Semuanya tergantung pada situasi dalam arti situasilah yang membentuk pemimpin bukan seorang ibu. Tempatkanlah seseorang pada situasi tertentu dan mungkin ia akan muncul sebagai seorang pemimpin. Tempatkanlah ia pada situasi yang lain dan mungkin ia tidak akan menjadi pemimpin. Churcill tak diragukan adalah pemimpin besar dalam masa perang, namun apakah demikian halnya dalam masa damai?

Setidaknya ada 5 kualitas yang harus dimiliki seseorang untuk dapat menjadi pemimpin menurut John Adair:

a. Integritas: kualitas yang membuat orang mempercayai pemimpin. Kepercayaan adalah hal yang terpenting dalam semua bentuk hubungan pribadi. Kata itu juga mengungkapakan rasa kesetiaan terhadap nilai-nilai di luar diri pemimpin terutama kebenaran. Kebenaran dan kepercayaan adalah bagai saudara sepupu.

b. Antusiasme: sikap yang menunjukkan ketertarikan seorang pemimpin terhadap sesuatu masalah dan cara penyelesaiannya.

c. Kehangatan : orang yang kaku tak cocok untuk menjadi pemimpin. Kepribadian sangatlah menular.

d. Ketenangan :karakteristik utama yang telah lama diaui sejak dinyatakan oleh sejarawan Romawi, Tacitus yang menulis : “Perkembangan nalar dan keputusan yang diambil dengan tenang,itulah kualitas yang dimiliki seorang pemimpin.

e. Tegas dan adil : kombinasi ketegasan dan keadilan telah muncul sebagai kualitas yang dituntut oleh industry sejak sepuluh tahun lalu.

Dari keenam kualitas itu semuanya adalah relatif. Seseorang yang dinilai oleh si A memiliki integritas, antusiasme,kehangatan, ketenangan, dan tegas dan adil belum tentu dinilai sama oleh si B. Seseorang yang menjadi pemimpin oleh kelompok A belum tentu menjadi pemimpin bagi kelompok B. Selain itu, jenis-jenis pemimpin dalam dunia ini banyak sekali, ada pemimpin Negara,pemimpin perusahaan, ataupun pemimpin keluarga. Oleh karena itulah, sejatinya pemimpin itu dilahirkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s