bekam

Bekam menurut bahasa artinya adalah hijama/pelepasan darah kotor. Sedangkan,menurut istilah,bekam berarti cara pengobatan yang telah dicontohkan NAbi Muhammad SAW  berupa penghisapan darah-darah kotor dari seluruh tubuh.

Landasan pentingnya bekam dalam Islam

Allah Swt telah berfirman dalam  Surat Al Najm ayat 2-4

2. kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru. 3. dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya. 4. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).

Dan Nabi Muhammad SAW bersabda dalam suatu hadits

Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas.” (Hadist Bukhari)

Dari ayat Al Qur’an dan hadits shahih di atas kita dapat menyimpulkan bahwa kita diperintahkan untuk mnegikuti segala yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad  SAW. Dan karena Nabi Muhammad telah mencontohkan kepada kita pengobatan-pengobatan terhadap suatu penyakit berupa madu dan bekam,maka kita harus mematuhinya.

Tak hanya Al Qur’an dan hadits saja yang menjadi sumber kita untuk melaksakan bekam,namun juga fakta-fakta dalam bekam yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Jenis-jenis bekam dan cara melakukannya

  1. Bekam Basah (Wet Cupping)

Yaitu metode pengeluaran darah kotor (blood letting) dengan cara disayat dengan silet, lanset, pisau bedah atau jarum steril pada bagian yang dibekam.

Cara Melakukan Bekam Basah :

Pilih titik bekam berdasarkan kondisi pasien.

  1. Pilih gelas bekam (cup) berdasarkan tingkat penyakit pasien dan postur tubuh. Semakin besar gelas yang digunakan maka tingkat rasa sakit akan semakin besar, namun efeknya akan semakin baik.
  2. Bersihkan bagian kulit yang akan dibekam dengan desinfektans/alkohol.
  3. Pompa gelas bekam dengan piston pada posisi yang dikehendaki sebanyak 2-3 kali tarikan, atau sampai piston tidak dapat ditarik lagi.
  4. Biarkan selama 3-5 menit.
  5. Lepas gelas bekam dan sayat bagian bekas bekam dengan silet, lanset, pisau bedah atau jarum steril.
  6. Bekam lagi posisi yang disayat tadi.
  7. Tunggu selama lebih kurang 3 menit sampai darah keluar dan menumpuk pada gelas bekam.
  8. Lepas gelas bekam dan buang darah kotor yang keluar, bersihkan kembali gelas bekam dan desinfeksi.
  9. Bekam lagi sebanyak 3-5 kali, atau sampai keluar cairan putih dari kulit.

10.  Oles bekas sayatan dan bekam dengan minyak habbatus sauda’ (jinten hitam).

11.  Lakukan setiap bulan atau setiap 2 minggu bagi yang penyakitnya parah.

2. Bekam Kering (Dry Cupping)

Yaitu metode bekam yang tidak mengeluarkan darah dari tubuh.

Cara Melakukan Bekam Kering :

  1. Pilih titik bekam berdasarkan kondisi pasien.
  2. Pilih gelas bekam (cup) berdasarkan tingkat penyakit pasien dan postur tubuh. Semakin besar gelas yang digunakan maka tingkat rasa sakit akan semakin besar, namun efeknya akan semakin baik.
  3. Pijat bagian yang akan dibekam dengan dilumuri minyak zaitun atau minyak jinten hitam selama lebih kurang 5 menit.
  4. Pompa gelas bekam dengan piston pada posisi yang dikehendaki sebanyak 2-3 kali tarikan, atau sampai piston tidak dapat ditarik lagi.
  5. Biarkan selama 10 menit (bagi pria), 7 menit (bagi wanita) atau 3 menit (bagi anak-anak).
  6. Lepas gelas bekam dan pijat kembali dengan minyak zaitun atau minyak jinten hitam selama 2-3 menit untuk menghilangkan bercak-bercak hitam atau blister.
  7. Lakukan selama 7 hari bagi orang dewasa dan 5 hari bagi anak-anak, kemudian diselingi masa interval selama 3 hari, lalu dilanjutkan lagi pembekaman.

Manfaat bekam

“Darah merupakan sumber energi manusia untuk hidup, bilamana darah rusak, maka berkuranglah energi serta daya tahan tubuhnya”.

Di era modern ini kita terbiasa mengkonsumsi makanan siap saji, makanan yang mengandung bahan pengawet, zat pewarna, zat pengembang, penyedap rasa, pemanis, minyak, pestisida sayuran, dll, serta pencemaran udara telah mengakibatkan terjadinya penumpukan toksid (racun) dalam tubuh sehingga darah menjadi kotor dan statis (peredaran darah jadi tidak lancar). Kondisi tersebut sedikit demi sedikit akan mengganggu kesehatan fisik sehingga muncul keluhan-keluhan seperti : merasa malas,mudah letih, pegal-pegal, sakit kepala, sakit pada persendian, mata berkunang-kunang, nampak murung, merasa tertekan dan badan terasa kurang sehat. Karena itulah darah kotor harus dikeluarkan. BEKAM merupakan cara terbaik yang dianjurkan oleh Rosululloh S.A.W untuk mengeluarkan darah kotor dalam tubuh.

“Sesungguhnya di dalam berbekam itu terdapat pengobatan“. (Shohih Muslim) Adapun manfaat lain selain yang disebutkan di atas adalah:

– Melancarkan peredaran darah, meringankan badan.
– Mengobati masuk angin, darah tinggi, kolesterol, stroke, jantung, asam urat, sakit pinggang, liver, gatal-gatal, migrain, sakit kepala, sakit mata, impotensi, sinusitis, jerawat, ambeiyen, maag.
– Insomnia, stress, sering mimpi buruk, sering kesurupan, Trauma, rasa takut yang berlebihan, narkoba, kurang gairah.
– Mengeluarkan toksid, angin dan kolesterol berbahaya dalam tubuh.
– Memulihkan fungsi tubuh.
– Menajamkan penglihatan.
– Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.
– Memperbaiki sistem imunitas.

Orang-orang yang dilarang berbekam

Orang tua renta yang skait tanpa daya dan upaya. Penderita tekanan darah sangat rendah,sakit kudis,diabetes mellitus. Perut wanita yang edang hamil. Wanita yang sedang haid. Penderita leukimian,thrombosit,alergi kult serius,orang yang letih/kelaparan,kehausan/gugup.

Adapun anggota tubuh yang tak boleh dibekam adalah mata,telinga,hidung,mulut,putting susu,alat kelamin,dubur,area tubuh dengan banyak limpa. Area tubuh dekat pembuluh darah besar. Bagian tubuh yang ada varises.

Walaupun bekam dapat menyembuhkan banyak penyakit,namun bekam tak dapat menyembukan semua penyakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s