Baksos FKM PEDULI 2009

FKM Peduli 2009 adalah salah satu kegiatan saya dalam mengisi liburan. Saya terpilih menjadi salah satu pj (penanggung jawab) kegiatan di salah satu acara peduli tersebut. Berikut adalah laporan pertanggungjawaban saya:

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

PENANGGUNG JAWAB KERJA BAKTI DAN TANAM POHON (KBTP)

PEDULI DESA, FKM UI PEDULI 2009

Agung Supriyadi

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (Al Ma’idah: 2)

Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.
( Ar Ra’d : 4 )
//

I. Pendahuluan

Segala Puji Bagi Allah yang telah memberikan saya izin untuk membuat laporan pertanggungjawaban ini. Penulisan laporan pertangungjawaban ini merupakan tahap akhir dari tugas saya selaku Penanggung Jawab kegiatan Kerja Bakti dan Tanam Pohon (untuk selanjutnya disebut KBTP).

FKM UI Peduli 2009 adalah suatu wadah tempat mahasiswa FKM UI dapat melaksanakan tridharmanya untuk mengabdi secara langsung kepada masyarakat dan sebagai wahana untuk melaksanakan perintah Allah dalam surat Al Maidah ayat 2. FKM UI Peduli 2009 mempunyai berbagai macam kegiatan,salah satunya adalah KBTP. Acara ini bertempat di Desa Linggar Mukti, Cileungsi, Kabupaten Bogor

II. Deskripsi Kegiatan

Kerja Bakti dan Tanam Pohon merupakan salah satu acara Peduli Desa 2009 . KBTP terbagi atas 2 kegiatan yaitu Kerja Bakti serta Tanam Pohon. Kegiatan ini terbagi di 4 tempat yaitu RT. 09, Rt. 10, Rt. 11 serta di jalan penghubung ketiga rukun tetangga tersebut. Baik Kerja Bakti ataupun Tanam Pohon telah mempunyai koordinator dari staff KBTP masing-masing untuk memimpin Kerja Bakti ataupun Tanam Pohon di tempat-tempat tersebut.

III. Tujuan Kegiatan

1. Melaksanakan Tri Dharma Mahasiswa

2. Menerapkan kandungan Al Qur’an Surat Al Maidah ayat 2 dan Ar Ra’d ayat 4

3. Menyediakan sarana bagi penduduk untuk dapat berobat secara praktis dan murah

4. Menambah pengetahuan tentang tanaman obat

IV. Persiapan Kegiatan

Persiapan kegiatan Kerja Bakti dan Tanam Pohon ini telah dilakukan sejak H-14 atau 2 minggu sebelum hari-H. Persipan kegiatan  ini mencakup proses pencarian sponsor kegiatan dan proses pembelian tanaman obat.

Pada proses pencarian sponsor, panitia KBTP mengirimkan permohonan sponsorship pada 2 lembaga yaitu Balittro (Balai Tanaman Obat dan Aromatik) serta Aspetri (Asosiasi Pengusaha Tanaman Tradisional Indonesia). Proses pencarian sponsor ini menggunakan 1 (satu) proposal kegiatan FKM UI PEDULI 2009 yang dikirimkan ke Balittro dan Aspettri. Balittro terletak di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Bogor yang merupkan satu kompleks milik Departemen Pertanian Indonesia. Dari 2 calon sponsor itu,hanya Balittro yang menyatakan setuju memberikan sponsor. Balittro menyatakan setuju memberikan sponsor kepada KBTP dengan bentuk pemotongan harga tanaman. Balittro memberikan harga Rp.2000,00 per tanaman, harga ini lebih murah Rp.3000,00 dibandingkan harga tanaman obat yang dibeli oleh panitia KBTP tahun lalu.

Pada proses pembelian tanaman obat, panitia KBTP hanya membeli tanaman dari Balittro. Sebanyak 60 benih tanaman dibeli dari tempat itu. Kemudian Panitia KBTP yang terdiri dari 3 orang, membawa semua benih tanaman itu ke FKM UI dengan menggunakan kereta api.

V. Indikator Keberhasilan

Indikator keberhasilan kegiatan KBTP dibagi 2, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek, kegiatan KBTP dikatakan dapat berhasil jika terdapat peran serta warga dalam kerja bakti, jalan yang lebih bersih dan tertanamnya semua tanaman obat secara merata di masing-masing rukun tetangga. Sedangkan, indikator keberhasilan jangka panjangnya ialah warga dapat mengetahui manfaat dari tanaman obat dan menggunakan tanaman-tanaman obat itu untuk meningkatkan kesehatan mereka.

VI. Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan KBTP berlangsung pada Sabtu, 15 agustus 2009 di Desa Linggarmukti. Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, kegiatan ini terbagi atas 2 kegiatan yaitu, kerja bakti dan tanam pohon.

Bagian Kerja Bakti  yang dilaksanakan di jalan penghubung Rt. 09, Rt.10, Rt.11 dikoordinatori oleh salah Ferdhy M. Kautsar . Dalam kerja bakti ini, jalan penghubung ketiga rukun tetangga ,belum diaspal dan hanya tumpukan batu kapur tak beraturan, dibersihkan dari tanaman-tanaman yang  “mengganggu” jalan. Kegiatan ini tak hanya dibantu oleh panitia FKM UI PEDULI tetapi juga banyak penduduk sekitar yang membantu.

Bagian Tanam Pohon yang dilaksanakan di masing-masing rukun tetangga ini dikoordinatori oleh saya (Agung Supriyadi), Mutiara Ayu Asmara dan Sylvia Aviani. Dalam acara ini, sebanyak 60 tanaman obat terdiri dari berbagai jenis tanaman obat seperti Sambiloto, Lavender, Mahkota Dewa, Handeuleum, Saga, Kumis Kucing, Daun Dewa, Kunyit, Tapak Dara,dan Gendis. 60 tanaman obat dari berbagai jenis tanaman itu didistribusikan secara merata ke masing-masing Rt. Kegiatan Tanam Pohon ini juga dibantu oleh panitia FKM Peduli dan penduduk sekitar. Panitia KBTP tidak hanya menanam pohon semata dalam acara ini tetapi juga memberikan penjelasan tentang tanaman dan manfaatnya serta memberikan makalah mengenai manfaat tanaman serta cara mengolahnya kepada masing-masing ketua rukun tetangga agar pengetahuan tentang tanaman obat ini dapat dipakai di mana saja dan kapan saja.

VII. Evaluasi Kegiatan

Strength

  1. Secara kuantitas, bidang KBTP mempunyai sumber daya yang cukup.
  2. Adanya keinginan yang kuat dari setiap panitia KBTP untuk menyukseskan kegiatannya.
  3. Mempunyai informasi yang cukup mengenai sponsor dan tempat pembelian tanaman obat.
  4. Jarak antara sponsor dan tempat pembelian tanaman obat tak begitu jauh
  5. Persiapan KBTP dilaksanakan di waktu liburan semester sehingga tak begitu menggangu akademis

Weakness

  1. Kualitas dan komitmen panitia KBTP tidak merata
  2. Persiapan KBTP yang dilaksanakan pada liburan semester membuat sebagian KBTP tak fokus dalam mengerjakan tugasnya karena pulang kampung.
  3. Kesibukan panitia KBTP masing-masing
  4. Panitia KBTP memiliki keterbatasan dana dalam hal transportasi serta kontak sponsor.

Opportunity

  1. Sumbangan tanaman obat dari beberapa orang.
  2. Dukungan moril dan tenaga yang diberikan oleh panitia FKM PEDULI 2009 yang lain.
  3. Dukungan alat-alat dan tenaga dari penduduk Desa Linggarmukti

Threat

  1. Amanah dari kepanitian lain
  1. Keterbatasan waktu yang dimiliki oleh panitia KBTP FKM PEDULI 2009

VIII. Kesimpulan dan Saran

Panitia KBTP bersama panitia FKM PEDULI 2009 dan warga Desa Linggarmukti telah melaksanakan kegiatan KBTP sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jaalan penghubung antar rukun tetangga dan lebih dari 60 tanaman obat telah ditanam di Desa Linggarmukti. Dalam pelaksanaan kegiatan KBTP haruslah ada kepercayaan dan saling mendukung diantara panitia KBTP. Penanggung Jawab kegiatan KBTP haruslah menyampaikan informasi secara jelas, membagi job desk secara tepat dan harus pandai dalam menjaga semangat panitia KBTP yang lain. Tak  ketinggalan, harus ada jumlah dana yang cukup dalam pelaksanaan KBTP.

IX. Pesan dan Kesan

  1. Segala puji bagi Allah yang telah menanamkan rasa kasih sayang terhadap sesama manusia sehinnga kita bisa saling membantu satu sama lain. Segala puji bagi Allah yang telah mengizinkan panitia FKM PEDULI 2009 untuk melaksakan kegiatannya hingga akhir. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan ni’mat-ni’mat yang tak mungkin dapat ditulis di sini.
  2. Terima kasih untuk kedua orang tua saya dan oran tua panitia KBTP yang lain yang telah membeikan kepercayaan bagi kami untuk saling berbagi ke warga Desa Linggarmukti
  3. Terima kasih untuk Alice, Sylvia, Muti, Ferdhy, Randi, Vina, dan Gita.untuk sumbangan tenaga,waktu,pikiran dan materi.  I love you full…hahahahaha (mbah surip mode: on).
  4. Terima Kasih untuk teman-teman panitia FKM PEDULI 2009 yang lain, tanpa kalian KBTP tak akan pernah bisa berjalan.
  5. Terima kasih untuk warga Desa Linggarmukti. Kami belajar banyak dari kalian.
  6. Terima kasih untuk Ketua Rukun Tetangga 9,10, dan 11 yang telah menjadi fasilitator bagi kegiatan kami.Khusus untuk Ketua Rt. 9, terima kasih atas “villa”-nya tempat kami tinggal selama 3 bulan.
  7. Terima kasih untuk Kak Anna yang telah memberikan sumbangan benih tanaman obat, memberikan informasi sponsor, serta dukungan morilnya. Kak Danang yang telah memberikan nasihat untuk KBTP dan tumpangan ke Aspettri. Kak Anggi Afifi, SKM. yang telah meyakinkan saya untuk menjadi penanggung jawab KBTP
  8. Terima kasih untuk Mr/Mrs. X yang merupakan mahasiswa ekstensi yang memberikan benih tanaman obat. Maaf, kami tak amanah dalam merawat tanaman obat dari Anda sehingga benih tanaman obat Anda hilang. Sekali lagi, maafkan kami.
  9. Terima kasih untuk Balittro atas potongan harganya.
  10. Terima kasih untuk teman-teman di rumah 4 atas makanan,lotion anti nyamuk, jaket,minuman, dan balsam nya.
  11. Semoga apa yang panitia PEDULI FKM 2009 lakukan ini didasari oleh niat ikhlas dan akan diterima oleh Allah.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allahadalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” ( Al Baqarah : 261)

Iklan

2 thoughts on “Baksos FKM PEDULI 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s