DAMPAK RUSAKNYA LINGKUNGAN DAN USAHA UNTUK MENGATASI RUSAKNYA SUMBER DAYA ALAM

DAMPAK RUSAKNYA LINGKUNGAN DAN USAHA UNTUK MENGATASI RUSAKNYA SUMBER DAYA ALAM


  1. I.            JUDUL                : HUKUM TATA LINGKUNGAN

PENGARANG    : KOESNADI HARDJASOEMANTRI

PENERBIT          : GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS

  1. II.            JUDUL                : LINGKUNGAN HIDUP

PENGARANG    : HARUN M.HUSEIN,S.H

PENERBIT          : BUMI AKSARA

Saya tak mengerti apa alasan Al Amin Nasution dan Sekertaris Daerah Kabupaten Bintan,Azirwan yang telah menyetujui pengalihan fungsi 6813 hektar hutan lindung di Bintan. Apakah mereka bernafsu untuk meraih uang? Atau mereka tak menyadari betapa besarnya dampak yang ditimbulkan ketika terjadi pengalihan fungsi hutan?

Mari kita berpikiran positif dengan menganggap alasan Al Amin Nasution dan Azirwan adalah ketidaktahuan mereka mengenai dampak yang ditimbulkan jika mereka menyetujui penagalihan fungsi hutan. Oleh karena itu,saya akan mencoba menguraikan dampak-dampak yang timbul karena rusaknya hutan yang dapat mengakibatkan rusaknya lingkungan.

DAMPAK RUSAKNYA LINGKUNGAN

Aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan dan segala keinginannya yang sangat variatif,pada umumnya tidak mempertimbangkan kemampuan dan daya dukung ingkungan terhadap aktivitas kehidupannya. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya pencemaran dan perusakan,yang pada giliran berikutnya mengandung timbulnya berbagai bencana,yang menghimpit kehidupan. Bencana dimaksud secara garis besarnya sebagai berikut  :

  1. Pemanasan global

Pemanasan global telah menjadi isu internasional yang  merupakan topik yang hangat dibicarakan, meskipun terhadap permasalahan ini masih terdapat ketidakpastian yang cukup besar tentang apakah benar pemanasan  global, akan mempunyai dampak yang besar, apabila hal ini benar-benar terjadi. Dampak pemanasan global tersebut, akan menyebabkan perubahan iklim secara global dan kenaikan permukaan laut.

Perubahan iklim akan menyebabkan perubahan pola hujan. Diperkirakan, hujan secara global akan bertambah, tetapi ada daerah yang hujannya berkurang, dan ada pula yang bertambah. Hal ini akan mengancam sistem pertanian. Frekuensi dan intensitas badai topan akan meningkat. Problem iklim juga akan menyebabkan kepunahan banyak jenis flora dan fauna. Kenaikan air laut juha akan menyebabakan terendamnya daerah pantai yang rendah.

  1. Hujan asam

Pengalihan hutan menjadi pusat perkantoran dan bisnis akan menambah jumlah industri dan transportasi di Bintan. Sektor industri dan transportasi yang dalam aktivitasnya menggunakan bahan bakar minyak atau batu bara,menghasilkan gas buang tersebut menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Para ahli sependapat bahwa sebagian besar peningkatan suhu bumi dihasilkan oleh sumbangan dari sektor industrI dan transportasi yang menggunakan bahan bakar fosil itu.

Pencemaran udara yang berasal dari pembakaran bahan bakar,terutama bahan bakar fosil mengakibatkan terbentuknya asam sulfat dan asam nitrat. Asam itu diendapkan di hutan,tanaman pertanian, danau, dan gedung sehingga menyebabkankerusakan dan kematian organisme hidup. Di Eropa dan Amerika Serikat, kerugian oleh deposisi asam sangat besar. Di Eropa saja,50 juta hektar hutan mengalami kerusakan serta beribu danau tidak lagi dapat mendukung kehidupan. Kerusakan menjadi lebih parah dengan terbentuknya ozon yang beracun dari zat pencemar NOX melalui reaksi  fotokimia. Asam dan ozon juga dicurigai mempunyai dampak terhadap kesehatan.

  1. Lubang Ozon

Di stratosfer terdapat ozon yang melindungi kehidupan di Bumi dari penyinaran sinar ultra-violet bergelombang pendek yang berenergi tinggi. Akan tetapi,sejak tahun 1985,ditemukan adanya penurunan kadar ozon yang sangat drastis di stratosfer di daerah lain,tetapi tidak sedrastis seperti di Antartika. Dikhawatirkan lubang ozon akan menaikkan jumlah penderita aknker kulit dan katarak,menurunkan daya imunitas serta menurunkan produksi pertanian dan perikanan. Penyebab utama lubang ozon adalah sekelompok zat kimia yang disebut klorofluorkarbon yang sering dipakai dalam alat pendingin.

Dampak-dampak diatas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya dampak yang timbul karena rusaknya lingkungan. Dampak-dampak tersebut akan menimbulkan efek domino yang dapat memunculkan masalah lain dalam kehidupan manusia. Lantas apakah kita akan diam saja? Dapatkah kita melakukan sesuatu untuk menyelamatkan lingkungan ini? Jawabannya adalah tentu saja bisa. Berikut adalah usaha-usaha yang dapat dan telah  dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan baik itu oleh pemerintah atau masyarakat

USAHA PENYELAMATAN LINGKUNGAN

v      Pembuatan undang-undang untuk melindungi lingkungan hidup

Pembuatan undang- undang untuk melindungi lingkungan hidup adalah bentuk nyata dari pemerintah dalam partisipasinya untuk menyelamatkan lingkungan. Undang-undang ini menjelaskan ketentuan mengenai hal-hal yang boleh dan yang tak boleh dilakukan terhadap lin gkungan. Undang-undang ini mengandung sanksi terhadap pelanggarnya.

Undang-undang ini sebenarnya sudah ada sejak zaman kolonialisasi belanda dan disempurnakan lagi setelah zaman kemerdekaan. Penyempurnaannya antara lain meliputi pokok-pokok kesehatan ,pertambangan migas,pengeluaran dan pemasukan tanaman dan bibit tanaman serta tentang pengairan.

v      Pemberian penghargaan

Pemberian pengahargaan merupakan salah satu bentuk insentif sebagaimana tertera dalam penjelasan pasal 8 Undang-undang Lingkungan Hidup. Penghargaan ini disebut Kalpataru yang diberikan Presiden setiap tanggal 5 Juni kepada mereka yang telah berjasa terhadap kelestarian lingkungan. Penghargaan ini dapat memacu seseorang untuk berbuat lebih terhadap lingkungannya.

v      Menanam pohon dan menghindari bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan

Ini adalah cara yang simple dan dapat dilakukan oleh setiap masyarakat guna menciptakan sinergi bersama pemerintah ddemi tercapainya lingkungan yang sehat.

Jika setiap bangunan  menanam minimal 2 pohon maka,saya dapat menjamin bahwa emisi CO2 akan berkurang karena emisi CO2 yang dapat menimbulkan hujan asam itu akan diserap  oleh tumbuhan sebagai bahan fotosintesis.

Kita juga dapat berpartisipasi dalam usaha menyelamatkan lngkungan dengan cara mengurangi pemakaian bahan-bahan berbahaya bagi lingkungan seperti CFC dan bahan bakar fosil. Jika kita dapat menjalankan itu,maka kerusakan terhadap lingkungan dapat diminimalisir.

Sudah waktunya kita berpikir ke depan,berpikir bagaimana caranya untuk menyelamatkan bumi dan lingkungan kita agar dapat dinikmati oleh anak cucu kta. Sebagai khalifah di muka Bumi kita juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan ini. Kita juga hanya memiliki satu buah bola Bumi tempat kita bernaung,tidak ada lagi bola Bumi di tempat lain. Oleh karena itu,mari kita bersama-sam menyelamatkan Bumi kita tercinta dari kerusakan akibat tangan kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s