Abang Mpok Kabupaten Bekasi 2009

Liburan akhir semester genap Universitas Indonesia merupakan liburan yang sangat panjang. Kurang lebih 3 bulan kegiatan perkuliahan di kampus di non-aktifkan dan yang ada hanya lah perkuliahan semester pendek. Bisa dibayangkan bagaimana seorang pemuda harus tidak belajar, tidak melakukan aktifitas rutinnya, tidak bersosialisasi dengan teman-temannya selama 3 bulan?

Untuk itulah,saya berpikir untuk mengisi kegiatan liburan ini dengan kegiatan yang bermanfaat sekaligus unik. Bermanfaat di sini maksudnya saya dapat mengambil pelajaran dari kegiatan itu, unik di sini maksudnya saya dapat melakukan kegiatan yang “tak biasa” dilakukan selama liburan.

Beberapa kali dalam masa liburan itu saya sempat ke kampus untuk melaksanakan tugas organisasi sekaligus menghilangkan kebosanan saya di rumah. Di kampus itulah saya mendapat inspirasi untuk ikut abang mpok bekasi melalui poster abang mpok depok dan abang none jakarta (mengerti tidak??). Jadi gini maksudnya, poster lomba-lomba itu menjadi inspirasi saya untuk mencari informasi tentang lomba sejenis di Bekasi. Kebetulan, saya juga punya teman yang pernah mengikuti abang mpok.

Singkat cerita, saya berhasil mendapatkan info mengenai lomba itu di group facebook SMAN 2 Cikarang. Entah mengapa, rasanya sulit sekali mendapatkan info itu padahal saya sudah mencari di google dan menghubungi beberapa teman saya. Info di facebook itu lah satu-satunya info pendaftaran yang cukup lengkap,sementara di situs yang lain hanyalah berita sekilas.

Masa-masa pendaftaran telah saya lalui,tibalah di masa lomba abang mpok bekasi 2009. Tercatat sebanyak lebih dari 100 peserta,sebuah angka terbesar yang dicapai oleh abang mpok bekasi,yang mendaftar untuk mengikuti lomba ini. Ke 100 peserta itu berasal dari dalam dan luar kabupaten bekasi,jujur saya kecewa dengan adanya peserta dari luar kabupaten bekasi karena di ajang yang sama di kota bekasi,peserta dari luar kota bekasi tidak diperbolehkan untuk ikut ajang itu, sekaligus dengan adanya peserta dari luar kabupaten bekasi maka kemungkinan saya untuk menang ajang itu menjadi semakin kecil (sedikit sirik dan iri!).

Untuk menjadi seorang Abang Bekasi saya harus melalui tahap-tahap penyeleksian. Saya menggolongkan tahap-tahap itu menjadi tiga: tahap test tertulis,tahap wawancara tertutup,dan tahap wawancara terbuka. Pada test tertulis, para calon abang dan mpok harus menjawab soal-soal tertulis mengenai pengetahuan umum, pengetahuan tentang Bekasi serta soal-soal berbahasa Inggris. Alhamdulillah,saya tak menemui kendala sama sekali dalam melakukan tugas itu. Selanjutnya ada seleksi wawancara tertutup, di tahap ini peserta harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh 4 orang pewawancara,pertanyaan mencakup kepribadian dan kesopanan,pengetahuan bekasi,dan bahasa Inggris (satu lagi saya lupa). Alhamdulillah, saya juga tak menemui kendala di tahap ini. Dari tahap-tahap penyelesaian ini, peserta-peserta yang berjumlah lebih dari 100 orang disusutkan menjadi 25 pasang. Saya termasuk ke dalam 25 pasang itu, dan resmilah saya menjadi FINALIS abang mpok bekasi 2009.

Tinggal satu tahap penyeleksian lagi sebelum titel abang Bekasi 2009…..to be continued

7 thoughts on “Abang Mpok Kabupaten Bekasi 2009

Tinggalkan Balasan

