OCCUPATIONAL ASMA

1. Pengertian Occupational Asma : secara singkat OA adalah penyakit yang ditandai dengan keterbatasan aliran udara, variabel atau saluran udara hyper responsiveness karena sebab-sebab dan kondisi yang berkaitan dengan lingkungan pekerjaan tertentu dan tidak untuk rangsangan ditemui di luar tempat kerja. Ada dua jenis OA : a. Immunologic : OA muncul setelah periode latensi pemaparan diperlukan bagi pekerja untuk mendapatkan dimediasi, dipengaruhi oleh munculnya Ig E (hipersensitivitas tipe 1) b. Nonimunologic : OA ditandai dengan tidak adanya suatu periode latensi.

2. a. Host OA : Pekerja dengan perilaku yang beresiko yaitu pekerja yang bekerja di lingkungan yang berdebu tanpa memakai masker dan pelindung sejenis.

b. Agent : a. Bahan yang berasal dari tumbuhan (debu dari padi-padian, tepung. biji kopi, biji jarak, dll).b. Logam (platinum, kromium, nikel). c. Senyawa organic (fenilendiamin, isosianat, khususnya toluene diisosianat, anhidrida trimelitat).

c. Environment: a. Lingkungan yang kering (udara kering). b. Daerah berdebu, berasap c. Lingkungan yang banyak paparan zat kimia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s