PERINGATAN UNTUK CALON MAHASISWA UI!

PERINGATAN UNTUK  CALON MAHASISWA UI!

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Assalamualaykum

Saya adalah salah seorang mahasiswa Universitas Indonesia yang cukup merasa miris dengan kondisi publikasi BOP-B (bayaran per semester di UI). Silakan bagi teman-teman yang berminat masuk UI  membuka situs http://www.ui.ac.id/download/biaya-pendidikan/sarjana-reguler.pdf . Jelas sekali pada lampiran SK rektor tersebut BOP-B berkisar antara 5.000.000 untuk rumpun IPS atau 7.500.000 untuk rumpun IPA. Mungkin sebagian dari teman-teman yang belum mengerti tentang BOP-B ini akan kaget begitu melihat besaran BOP-B yang sangat tinggi, atau mungkin saja teman-teman justru mengurungkan niatnya untuk manjadi mahasiswa UI ketika melihat besaran BOP-B tersebut. Tenang teman-teman, saya akan sedikit membantu teman-teman dalam memahami BOP-B.

YANG SEBENARNYA

BOP-B merupakan singkatan dari Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan. Disebut berkeadilan karena besaran BOP-B ini tergantung dari kemampuan finansial teman-teman. Bagi yang kemampuan finansial nya tinggi maka akan mendapatkan BOP-B yang tinggi, sementara bagi yang kemampuan finansial nya tidak tinggi maka akan mendapatkan BOP-B yang sesuai dengan kemampuan finansialnya tersebut. Cukup adil bukan?

Masalahnya sekarang adalah “apakah teman-teman tahu bahwa BOP-B itu tergantung dari kondisi finansial teman-teman?”. Saya sangat yakin masih banyak teman-teman yang menjawab: “tidak”. Bahkan berdasarkan pengalaman saya ketika bertanya kepada Siswa kelas 12 SMAN 1 Tambun Selatan, masih ada sebagian dari mereka yang menganggap biaya semester di UI itu mahal dan ada yang tidak jadi masuk UI karena alasan mahal itu.

Info besaran BOP-B yang bisa disesuaikan dengan kondisi finansial teman-teman ini memang cukup sulit didapat. Satu-satunya info yang saya dapat adalah berasal dari situs http://penerimaan.ui.ac.id . Silakan login di situs itu terlebih dahulu dengan menggunakan account simak teman-teman  (terima kasih untuk Ayunda Sri Wahyuni yang telah “memijamkan” accountnya kepada saya). Setelah login silakan masuk ke http://penerimaan.ui.ac.id/id/user/bop di situ tertulis:

Besarnya Biaya Operasional Pendidikan (BOP) dan Uang Pangkal (UP) sebagaimana tercantum pada tabel di atas khusus untuk S1 Reguler dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan penanggung biaya pendidikan. Prediksi Biaya Operasional Pendidikan dan Uang Pangkal yang akan dibebankan dapat dilihat pada tab Prediksi BOP Berkeadilan S1 Reguler di atas.”

Jadi jelas, bahwa di BOP-B tahun 2010 nanti juga akan menggunakan BOP-B yang akan disesuaikan dengan kemampuan finansial teman-teman.

MEMPREDIKSI BOP-B

Saya baru mendapat informasi  tentang BOP-B bisa diprediksi ini kemarin. Benar-benar informasi ini tidak disebarluaskan secara maksimal kepada mahasiswa. Baiklah, saya akan memberitahu teman-teman bagaimana caranya memprediksi BOP-B ini. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login dengan menggunakan accout SIMAK UI ke situs http://penerimaan.ui.ac.id/
  2. Klik “Pendaftar”
  3. Di kolom “menu” klik “Biaya Pendidikan”
  4. Di kolom biaya pendidikan klilk “Prediksi BOP Berkeadilan S1 reguler”

5. Silakan isi form itu untuk mengetahui prediksi BOP-B. Ingat!!!

Semua isian wajib diisi dengan sebenar-benarnya.
Formulir tidak dapat diubah lagi setelah disimpan.

6. Pengisian Form ini berkaitan dengan Masa depan teman-teman!! Jadi isi dengan sebenar-benarnya!!! Kalau bisa, kasih tahu orang tua terlebih dahulu!!

7. Jika teman-teman lulus SIMAK. Maka BOP-B yang diisi ini harus dilengkapi bukti-buktinya secara tertulis bukti2 itu adalah:

    1. Surat keterangan telah menerima semua formulir dan memahami prosedur pengajuan serta ketentuan-ketentuan penting;
    2. Surat keterangan dari RT/RW diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat mengenai kebenaran data penghasilan;
    3. Surat pernyataan dari tiga tetangga terdekat yang bukan saudara yang menjelaskan kondisi ekonomi keluarga mahasiswa dan kebenaran data;
    4. Surat keterangan dari orang tua atau wali dengan memerinci penghasilan, keterangan tentang kebenaran data, dan kesediaan untuk diberi sanksi jika keterangan yang diberikan tidak lengkap dan tidak benar;
    5. Formulir pemeriksaan data lapangan;
    6. Slip gaji orang tua (ayah dan ibu, atau wali) yang bekerja di sektor formal, atau surat keterangan penghasilan total dari RT/RW yang diketahui lurah/kepala desa setempat bagi yang bekerja di sektor informal;
    7. Foto kopi rekening listrik rumah/tempat tinggal orang tua/wali, tiga bulan terakhir;
    8. Foto kopi rekening telepon rumah/tempat tinggal orang tua/wali tiga bulan terakhir;
    9. Foto kopi kartu keluarga dan KTP orang tua/wali yang masih berlaku
    10. Foto rumah dari luar dan dari dalam;
    11. Foto kopi semua PBB kepemilikan rumah / tanah;
    12. Foto kopi semua STNK kepemilikan kendaraan bermotor;
    13. Foto kopi SPT, kartu NPWP (apabila memiliki);
    14. Foto kopi tabungan, deposito, dll (apabila memiliki).
    15. 8. BOP-B ini kemungkinan akan menjadi BOP-B teman-teman kelak nanti apabila teman-teman lulus SIMAK UI.

SEDIKIT PERBANDINGAN

Seperti telah saya tulis tadi, saya adalah seorang Mahasiswa UI, sebagai seorang mahasiswa Ui tentunya saya sudah mengetahui biaya hidup dan biaya semester di UI. Berikut adalah rincian untuk biaya hidup dan BOP-B saya di FKM UI depok:

ž  BOP = 1,600,000

ž  Uang Kosan = 6 x 350,000

ž  Uang Makan, dll = 4 x 800,000

ž  Total = 6,900,000 dalam 6 bulan

Menurut saya, dibandingkan dengan universitas lain di Indonesia, biaya hidup dan biaya semeseter itu cukup terjangkau oleh mahasiswa. Namun, jika teman-teman berpendapat lain,  biaya-biaya itu bisa berubah sesuai dengan kemampuan teman-teman.

Hmm, memang kondisi untuk masuk UI sekarang agak lebih sulit jika dilihat dari kondisi akses informasi tentang biaya pendidikan di UI kelak. Entah siapa yang harus disalahkan dari kondisi ini. Apakah pihak rektorat yang sedikit memberikan informasi, apakah pihak siswa nya yang kurang aktif, atau apakah dari pihak mahasiswa nya yang enggan membantu adik-adik kelasnya. Apapun itu, saya akan selalu mendukung teman-teman yang mempunyai mimpi untuk bisa masuk UI, apapun itu teman-teman tidak perlu takut untuk masuk UI, apapun itu pasti Allah akan memberikan hamba-Nya pilihan yang terbaik jika hamba itu mau berdoa dan berusaha. ^-^

PEKIK UI!

UI!

Kepal jari jadi Tinju!

UI kampusku!

Bersatu almamaterku!

UI!

Wallahu ‘alam.


Iklan

26 thoughts on “PERINGATAN UNTUK CALON MAHASISWA UI!

    • Berdasarkan pengalaman tahun lalu, semua jalur masuk UI ,selain KSDI dan Ujian Paralel, memakai sistem BOP-B, sementara KSDI dan Ujian Paralel memakai biaya semesternya dipukul sama rata antara 5 juta atau 7,5 juta. Tapi gak tau deh kalo tahun ini gimana. Tahun ini BHP kan dicabut, jadi kemungkinan sistem pembayaran akan berubah. Wallahualam

    • maksudnya akan ada pemeriksaan dari pihak UI kepada para mahasiswa baru yang telah mengisi data untuk BOP-B nya agar tak terjadi kecurangan dari mahasiswa baru
      semangat ya!! kalo butuh info,, tanya agung aja

  1. Kak, saya berminat sam bidang kesehatan, rencananya pas SIMAK nanti mau milih, FK, sama FKM…
    Kalo lulusan Prodi Kesehatan Masyarakat gampang ga cari kerjanya???? trus misalnya saya masuk Prodi. KesMas, n pengen ngambil peminatan Biostatistik, masih ada tes lagi ga kak…???
    Trims..

    • FK sama FKM ya? Pilihan bagus..
      Karena FKM UI itu FKM terbaik se- Indonesia, dan terbesar sedunia…reputasinya juga udah bagus..ditambah lagi saingan dalam bidang kesehatan masyarakat itu kurang, insya allah lulusan FKM UI itu gampang dapat kerja..dari yang agung tau, kebanyakan lulusan FKM UI itu paling lama nyari kerja satu tahun gitu vai..
      untuk masuk jurusan dalam FKM UI itu tidak ada tes nya lagi…ada juga pengurutan berdasarkan IPK… semakin banyak peminat untuk masuk dalam satu jurusan, semakin tinggi IPK nya.. biasanya yang paling tinggi itu K3, kalo biostat termasuk yang middle lah…paling dengan IP 3,2 udah bisa massuk..
      hehe..semangat ya!! ^^

  2. bisa tolong bantu saya membuat form “surat pernyataan dari tiga tetangga terdekat yang bukan saudara yang menjelaskan kondisi ekonomi keluarga calon mahasiswa dan kebenaran data”!
    saya bingung sekali harus menulis seperti apa..
    terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s