Pekan kepemiminan Nasional PPSDMS

Alhamdulillah, salah satu impian saya tahun ini bisa tercapai. Impian yang memang saya sudah idam-idamkan dari dulu. Sebuah impian untuk menjadi pemimpin masa depan negeri ini melalui beasiswa yang diadakan oleh Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis Nurul Fikri (PPSDMS NF). Sebagai kelanjutan dari terwujudnya impian saya itu, PPSDMS mewajibkan semua pesertanya yang terdiri dari 5 regional, yaitu regional 1 jakarta, regional 2 bandung, regional 3 Yogyakarta, regional 4 Surabaya, serta regional 5 bogor dan terdiri dari 7 universitas yaitu Universitas Indonesia, Institut Tekhnologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, Institut Tekhnologi Surabaya, serta Universitas Airlangga untuk mengikuti Pekan Kepemimpinan Nasional.

Pekan Kepemimpinan Nasional adalah sebuah acara yang diadakan oleh PPSDMS NF dengan mengundang lebih dari 180 mahasiswa terbaik di negeri ini serta berbagai macam pembicara yang ternama. Simak ulasan saya berikut ini untuk lebih jelasnya.

Ahad, 25 Juli 2010

Materi 1: Ustad Abu Ridho

“Bagaimana Mempertahankan Idealisme?”

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. (dzariat : 56)

Sesungguhnya manusia diciptakan hanya untui menyembah Allah SWT. Penyembahan manusia tersebut kepada Allah bisa dilakukan manusia dengan cara beribadah kepada-Nya. Manusia juga mempunyai 2 amanah, yaitu amanah ibadah berupa penyembahan total kepada Allah melalui shalat, puasa, zakat dsb, serta amanah risalah berupa amanah yang diberikan Allah kepada manusia karena posisi manusia sebagai khalifah di muka bumi. Penyatuan kedua amanah ini bisa dilakukan dengan syariat, yaitu dengan melaksanakan tugas khalifah serta membagun peradaban dalam rangka penghambaan terhadap  Allah yang didasari oleh syariat.

Sering kejadian bahwa banyak orang-orang yang sangat idealis pada saat masa mudanya, namun menjadi sangat pragmatis pada saat tuanya. Hal ini bisa disebabkan karena pada saat mudanya, orang itu tak menanggung beban apa-apa selain beban yang ada dalam dirinya, tetapi pada saat tuanya, orang itu akan menanggung beban-beban yang terdapat pada pundak-pundak anaknya,istrinya dan orang-orang yang menjadi tanggungannya.

Penguatan agar kita menjadi seorang aktivis yang tetap mempunyai idealisme tanpa harus menjadi sangat pragmatis bisa dilakukan dalam 2 aspek yaitu aspek ideologis yang terdiri dari motivasi dan visi misi platform kebijakan tindakan perilaku, serta aspek aktivitas yang terdiri dari program harus sesuai dengan cita-cita, refleksi dari kedewasaan emosional, cerminan keluasan wawasan, serta kekokohan anggota.

Materi 2 : Adi Wahyu Adji

Manajemen PPSDMS

Pada kesempatan kali ini, bang adji memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang ada di PPSDMS. Tak banyak hal baru yang saya dapat di sini karena memang materi-materi yang diberikan oleh bang adji terdapat dalam  buku pedoman sistem dan manajemen pembinaan PPSDSMS.

Beberapa hal yang dibahas oleh bang adji adalah betapa beruntungnya kami, para peserta PPSDMS, yang telah berhasil mengalahkan banyak orang untuk bisa masuk ke dalam PPSDMS. Untuk regional 1 jakarta putra saja, setiap peserta PPSDMS harus mengalahkan 4 orang agar sampai pada status peserta PPSDMS.

Bang Adji juga menyampaikan tentang 3 sektor yang bisa dicapai oleh para alumni PPSDMS kelak. Ketiga sektor tersebut adalah sektor pemerintahan, sektor swasta, serta sektor ketiga. Selain itu, bang adji juga menyampaikan program-program pembinaan dalam PPSDMS yang terdiri dari program khusus, program pekanan, program harian serta program bulanan.

Senin, 26 Juli 2010

Materi 3 : Ustad Abdul Aziz Abdulrauf Lc.

“Hidup Bersama Al Qur’an”

Al Qur’an adalah kitab suci umat islam. Di dalamnya, terdapat petunjuk bagi orang yang beriman dan bertakwa. Al qur’an juga berfungsi sebagai sifa atau obat bagi orang-orang yang sakit hatinya.

Ustad Abdul Aziz Abdul Rauf memberikan langkah-langkah untuk dapat mempelajari al quran dengan mudah, langkah-langkah itu terdiri dari 7 langkah:

  1. Beriman kepada kebenaran Al Quran
  2. Membaca secara rutin
  3. Menghapal Al Qur’an
  4. Kecintaan kepada Allah
  5. Beriman kepada Rasulullah sebagai nabi pembawa dan pengajar risalah al qur’an
  6. Memahami bahwa mempelajari al qur’an sebagai ibadah
  7. Memahami bahwa mempelajari al qur’an sebagai kebutuhan

Materi 4 : Dr. Arifin panigoro

“Kepeloporan pemuda/generasi muda dalam pengembangan sosioentrepreneurship”

Materi ini dibawakan secara khusus oleh Arifin Panigoro, sang petinggi Medco yang bergerak dalam bidang energi secara internasional. Arifin Panigoro juga merupakan donatur yang sangat dermawan, dia pernah menyumbangkan 200 juta untuk PPSDMS. Dia juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial seperti penanaman hutan di UI, donasi untuk bencana alam, serta berbagai kegiatan sosial. Pernah juga ada kegiatan  membangun sumur di suatu wilayah oleh mahasiswa yang didanai beliau Dengan berbagai kegiatan tersebut, maka sangat layaklah bahwa Arifin Panigoro menjadi pembicara dalam materi sosioenterpreneurship.

Sosioenterpreneurship adalah suatu bidang dimana sebuah kegiatan usaha untuk mencari uang yang juga tidak meninggalkan kegiatan sosial dari usaha tersebut. Hal ini memang mirip dengan Corporate Social Responsibility pada perusahaan-perusahaan. Sosioenterpreneurship ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat bukan semata-mata oleh profit.

Kegiata sosioenterpreneurship juga membutuhkan pendekatan kepada warga karena terkadang warga mempunyai adat istiadat yang berbeda dengan kita. Pendekatan kepada warga ini sangat berpengaruh kepada keberhasilan proyek sosial kelak. Pernah suatu ketika, arifin panigoro rela untuk melepaskan pakaiannya dan mengenakan pakaian adat hanya untuk mampu menyatu dengan masyarakat. Oleh karena itu, ada 2 hal yang penting dalam sosioenterpreneurship ini yaitu pengabdian dan pengorbanan.

Materi 5 : Bachtiar Firdaus, MPP

PPSDMS dalam pergerakan kemahasiswaan

PPSDMS mempunyai 4 sasaran pada setiap pesertanya, yaitu aktivis keagamaan, aktivis pergerakan, mahasiswa berprestasi serta orang yang menjunjung tinggi kekeluargaan. Salah satu poin nya adalah aktivis pergerakan di mana setiap peserta PPSDMS harus memahami arti dari pentingnya pergerakan. Oleh karena itu, bang Bachtiar, mantan ketua BEM pertama, membawakan materi tentang pergerakan ini.

Sejarah PPSDMS bermula dari adanya pengkotakan terhadap pergerakan mahasiswa yang terdri dari anak mushola, anak kiri dan anak nasionalis. Sering kali para mahasiswa pergerakan dari ketiga “ideologi” tersebut enggan untuk bergaul dan berdiskusi satu sama lain. Mereka seperti vektor-vektor yang saling menegasikan satu sama lain, mereka sebenarnya hendak membawa Indonesia ini ke arah yang lebih baik, namun dalam pelaksanaannya mereka sering menyerang satu sama lain. PPSDMS ini hadir untuk menyatukan vektor-vektor tersebut agar berjalan satu arah, satu tujuan, dan satu mimpi yaitu Indonesia yang lebih baik. PPSDMS ingin melahirkan orang-orang seperti Soekarno, Kartosoewiryo dan Muso yang secara ideologis berbeda namun tinggal dalam satu asrama yang sama.

Pada zaman dahulu, bangsa-bangsa dinosaurus yang besar dan kuat yang dapat memenangkan persaingan antar bangsa. Namun, pada saat ini, bangsa-bangsa dinosaurus belum tentu menang, bangsa-bangsa kecil yang cepat akselarasinya dan adaptasinya lah yang dapat menang. Contohnya adalah korea selatan dan jepang. Hal ini dikarenakan terjadinya globalisasi yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu:

  1. Globalisasi 1.0 à mengglobalnya negara karena perahu layar
  2. Globalisasi 2.0 à mengglobalnya perusahaan karena mesin uap dan mesin cetak
  3. Globalisasi 3.0 à mengglobalnya individu karena internet dan kolaboratif

Materi 6: Prof. Mansyur Suryanegara

“Api Sejarah Indonesia”

Dalam kesempatan kali ini, Prof. Mansyur mencoba untuk meresensikan hal-hal penting yang ada di dalam bukunya. Dengan kata-kata yang sangat indah khas seorang sastrawan, Prof. Mansyur mencoba untuk membawa para peserta PPSDMS kedalam realita masa lalu yang banyak ditutupi oleh distorsi sejarah.

Prof. Mansyur mengatakan bahwa sebenarnya yang menjadi cikal bakal pergerakan organisasi di Indonesia adalah Syarikat Islam, bukan Budi Utomo. Dia juga mengatakan adanya hubungan antara fatahillah yang berarti kemenangan Allah, fathan mubina yang berarti kemenangan yang nyata, kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Jayakarta lalu menjadi Jakarta.

Materi 7: Ustad Musholli

“Pemimpin Masa Depan dalam visi PPSDMS Nurul Fikri”

Ustad Musholi menyampaikan bahwa keadaan Islam sekarang merupakan islam yang tak bisa bersatu. Islam yang sering terbentur oleh kata-kata “perbedaan harakah”. Sering sekali, bahwa harakah itu seperti menjadi agama di dalam agama sehingga ada orang yang tak mau menolong orang lain karena berbeda harakah meskipun agamanya sama. Hal inilah yang membuat Islam tidak bisa maju, apalagi Islam tak hanya menghadapi perbedaan dalam harakah, islam juga menghadapi ancaman dari luar. Firman Allah dalam surat Al Anfal ayat 60:

Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan). (al Anfal: 60)

Jangankan menyiapkan untuk menyiapkan yang terbaik untuk musuh Allah, untuk bersatu saja sulit. Bayangkan saja jika umat Islam seluruhnya bersatu untuk melaksanakan semua keperluan ibadah haji mulai dari akomodasinya, transportasinya, makanannya, pakaiannya, oleh-olehnya, dsb. Bayangkan jika umat islam bisa bersatu dalam hal itu saja, tentu akan banyak kemashlahatan yang diperoleh oleh umat islam.

“Ketika macan memimpin kambing, maka kambing itu bisa menjadi macan. Ketika kambing itu memimpin para macan, maka macan bisa jadi kambing!”

Selasa,27 Juli 2010

Materi 8 : Ustad Idris Abdul Somad

Materi 9 : Dr. Muhammad Razikun, MBA

“Kepemimpinan Sektor Privat : Peran dan Prospek sektor privat dalam mewujudkan Indonesia mandiri”

Muhammad Razikun adalah seorang wiraswastawan yang sebenarnya tidak begitu pintar pada saat masa kuliahnya. Namun, kini dia menjadi seorang akuntan yang sukses dan juga wiraswastawan sukses. Dialah yang mempunyai kos Al Kahfi.

Peran Sektor Privat:

1. Mempengaruhi perjalanan sebuah bangsa

2. Membiayai anggaran negara (80% APBN dibiayai swasta)

3. Menghidupi rakyat dengan menyerap lapangan kerja

4. Peran negara semakin berkurang digantikan oleh peran civil society

Kondisi Sekarang

  1. Sosial
    1. Kemiskinan
    2. Pengangguran
    3. Standar Kesehatan yang rendah
    4. Standar pendidikan yang rendah
  2. Ekonomi
    1. Rendahnya minat enterpreneur di kalanagan muslimin
    2. Penguasaan ekonomi oleh asing dan non muslim
  3. Politik

Makin menguatnya kapitalisme politik

Ada hal menarik yang disampaikan dia, yaitu cashflow quadrant. Sebuah quadrant yang dibuat oleh Robert Kiyasako. Quadrant ini menjelaskan tentang pilihan-pilhan untuk mendatangkan uang.

Materi 10 : Rumah Zakat

Materi 11 : ICW

Materi 12 : LP3ES

Materi 13 : Reza M. Syarief

“Unleash the leadership within? Transforming from ordinary into outstanding.”

Reza M. Syarief adalah seorang motivator yang benar-benar ulung. Dia telah berkelana di berbagai macam belahan dunia. Dia juga telah memecahkan rekor MURI untuk menjawab pertanyaan terbanyak dalam sesi training motivasi, dia juga tercatat dalam rekor muri sebagai motivator terlama yang melaksanakan sesi motivasi yaitu melakukan training motivasi selama 24 jam non stop. Di balik kesibukannya itu dia tetap terlihat sangat memahami dunia agama. Sungguh luar biasa.

Reza M. Syarief menyampaikan beberapa fakta yang menarik tentang perjuangan untuk mencari kehidupan. Ada kisah seorang wanita kulit hitam yang diperkosa oleh ayahnya, hidupnya hancur dan seakan masa depannya sudah tidak ada. Pada suatu ketika, dia datang pada suatu acara, pada pertengahan acara MC meminta salah seorang dari penonton untuk menceritakan masalah kehidupannya. Perempuan itupun memberanikan diri untuk mengambil kesempatan itu dan menceritakan masalahnya di depan umum. Bukannya cacian yang dia dapat ketika acara selesai, bukan pula cemoohan, bukan pula hinaan, di akhir ceritanya itu banyak di antara penonton yang tersentuh dan tergerak hatinya untuk membantu dia. Akhirnya, dia ditawarkan kontrak oleh FOX TV. Dia lah Operah Winfrey.

Pelajaran dari alam juga patut kita perhatikan. Burung rajawali adalah burung yang seakan mendapat hidup dua kali. Ketika burung rajawali itu berumur 40 tahun, dia pergi ke gunung untuk menyepi. Kemudian, dia mencabuti bulunya satu persatu, serta mematahkan paruhnya di tebing gunung, hal itu tentu sangat menyakitkan bagi dia. Akan tetapi, dia melakukan ini semata-mata untuk memberikan kesempatan bagi paruh dan bulu-bulnya yang baru untuk tumbuh lagi sehingga ia dapat hidup 30 tahun lagi.

Ada juga kisah tentang Michael Spitch yang menceritakanb uthopia masa kecilnya kepada teman-temannya. Uthopia tersebut adalah dia ingin merebut 7 medali emas sekaligus dalam bidang renang di olimpiade. Saat itu teman-temannya tertawa, namun, dengan kerja keras yang dimiliki oleh Michael Spitch dia terus berusaha hingga uthopianya itu berhasil menjadi kenyataan. 7 medali emas berhasil diraihnya.

How to leap leadership

Rabu, 28 Juli 2010

Materi 14 : Shofwan Al Banna

“Transformasi Kepemimpinan Indonesia”

–       Pemimpin adalah orang berani berdiri tegap melihat arus yang menuju ke arahnya untuk kemudian ia melawannya.

–       Indonesia kaya sumber daya? nyatanya tidaklah demikian, indonesia menempati urutan 23 dalam kekayaan sumber dayanya

Kapitalisme kini melanda bumi Indonesia. Dilihat dari terminologinya, kapitalisme berasal dari:

–          kapital=  modal = kepala yang bermakna dimana modal menjadi kepala penentu

–          isme= paham

Paham dimana negara dalam berbagai kegiatannya diampu oleh sektor swasta (privat) dan pemerintah hanya sebagai regulator belaka

–       Semua perubahan itu dimulai dari pemuda

–       Pemuda memunculkan gagasan baru bukan status quo”

–       Cara kita berpolitik relatif sama dengan para suporter bola yang mendukung tim kesayangannya.

–       Cara terbaik untuk mengimajinasikan masa depan adalah dengan membentuknya sendiri

Materi 15 : Panglima TNI Djoko Santoso

Peran Strategis TNI dan PPSDMS dalam Mewujudkan Indonesia Aman, Demokratis, dan Sejahtera

Sungguh suatu kehormatan bagi PPSDMS bisa mengundang seorang Panglima Besar, orang yang memegang tampuk tertinggi dalam organisasi TNI, yaitu Jenderal TNI Djoko Santoso.

Banyak ilmu yang saya tangkap dari sang Panglima TNI ini. Beliau menekankan bahwa TNI tidak bisa melakukan pengamanan terhadap Indonesia sendirian, TNI membutuhkan peran aktif segenap bangsa Indonesia. Beliau mengatakan bahwa harus ada peran aktif dari peserta PPSDMS dalam menjaga kedaulatan wilayah Indonesia, seperti peran aktif yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata di batas-batas terluar pulau-pulau di Indonesia.

Panglima Djoko Santoso juga berbicara tentang kepemimpinan. Beliau berkata bahwa pemimpin adalah orang yang hatinya dipatuk burung, akan tetapi hati itu tumbuh lagi dan terus tumbuh

Saya baru mengetahui bahwa TNI adalah alat politik yang berjalan sesuai dengan kehendak penguasa politik.

Peran strategis TNI diatur dalam UU no. 34 tahun 2004 pasal 6, peran TNI yaitu alat negara dalam bidang pertahanan, tuganya dan menjaganya.

Tugas pokok TNI meliputi :

  1. menegakkan kedaulatan negara
  2. mempertahankan keutuhan wilayah
  3. melindungi segenap warga negara

TNI terdiri dari tiga komponen yaitu tim Utama. Pendukung dan cadangan yang bertujuan SISHANTA. PPSDMS dapat mengisi pendukung dan cadangan yaitu dengan cara membangun SDM di wilayah perbatasan, membangkitkan jiwa militan dan jati diri dan menghidupkan tradisi perjuangan.

Materi 16 : Embi C. Nur

“Peran strategis seni & budaya dalam pembentukan Indonesia”

–          Pada saat sebelum reformasi jiwa seni kurang

–          Indonesia sebagai gagasan budaya ada 3 tahap

  1. Tahapan ideasional (1928)
  2. Tahapan eksistensial (1945)
  3. Tahapan Eksperimental (1965)

–          Setelah reformasi, muncul kekhawatiran bahwa keseniaan tak mendapat dana lagi seperti yang dialami oleh orde baru

–          Budi utomo ada kaitannya dengan freemansory

–          Setelah reformasi, semuanya serba dagang: Politik, agama, sekolah.

Materi 17: Ustad H.M Ridwan

“Peran strategis seni & budaya dalam pembentukan Indonesia”

–          Kesepakatan politik lebih diutamakan daripada kesepakatan seni

–          Iman sebanding dengan ideologi

–          Jangkrik nipah: jangkrik yang kalah sebelum bertanding, jangan sampai hal ini menjangkiti para aktivis.

–          Orang yang sudah punya ideologi kapitalis, susah untuk punya ideologi islam.

Kamis, 29 Juli 2010

Materi 18 : Drs. Musholi

“Kajian Islam Kontemporer sesi 1”

Untuk menjadi seorang pemimpin, kita memerlukan keberanian untuk menentang arus kerusakan. Meskipun kita sendirian, kita harus berani karena Allah bersama kita.

Teradapat perubahan kekuasaan semenjak terjadinya globalisasi 3.0 ini. Makin banyak peneliti asia daripada peneliti negara lain menandakan bahwa asia akan bangkit.

Materi 19 : TIM MHMMD

Merencanakan Hidup Merencanakan Masa Depan

Tim MHMMD adalah sebuah tim yang membuat orang lain mampu untuk “membuat” masa depannya, mengkreasikan uthopianya untuk 5 tahun, 20 tahun bahkan 70 tahun kemudian. Dengan pelatihan dari MHMMD ini, peserta PPSDMS, termasuk saya mempunyai motivasi dan rasa percaya diri untuk mengejar mimpi-mimpi kita di masa depan.

Materi 20 : Shofwan Al Banna

Menulis dan Membuat Buku

–          Menulis itu seperti kung fu à tak pernah menjadi jago kalo tak mencoba

–          Menemukan masalah+ jawaban

  1. Reverse
  2. Otherway
  3. Slice
  4. Elimination
  5. Modifikasi
  6. Adaptasi
  7. Substitusi
  8. Kombinasi

Materi 21: dr. Hengky

Menulis dan Membuat Buku”

Setiap orang bisa untuk menulis, hanya saja, apakah semua tulisan seseorang layak untuk dimasukkan ke majalah

– Tahap untuk menulis: 1. Berani 2. Kolaborasi

Materi 22 : Sapto Waluyo

“Menulis dan Membuat Buku

Pada kesempatan kali ini, pak saptowaluyo hanya memberikan quiz yang mengasah pengetahuan peserta PPSDMS dan tidak memberikan materi.

Materi 23 : dr. Haidar Bagir

“Nilai Kepemimpinan dalam Islam”

Penggunaan kata-kata lembut untuk pendidikan  dan sikap sopan santun serta penuh kasih sayang sangat efektif dibanding dengan cara punishment dalam mentransfer nilai. Hal ini telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Karekter kepemimpinan yang lembut, pemaaf, berbuat baik dengan cara yang baik pula.

Kepemimpinan Islam:

  1. keadilan

artinya orang yang hatinya bersih bukan sekedar fairness dalam arti akhlak yang utuh. akhlak yang utuh muncul dari tarbiyah atas diri sendiri dengan memeningkan kepentingan orang banyak sebelum kepentingan pribadi.

  1. fathonah dalam arti penguasaan ilmu sesuai bidangnya
  2. kecakapan manajerial

Bagaimana menerapkan konsep kasih sayang diterapkan didalam organisasi? dengan cara tidak membuat suasana yang tidak menekan staff, karena suasana tekanan dapat menghilangkan kreatifitas. Pemimpin hebat adalah pemimpin dengan kapasitas rohani dan akhlak sesuai apa yang telah diajarkan Rasullah.

Materi 24 : A. Fuadi

Man Jadda wa Jada

Pada kesempatan kali ini mas fuad, mengungkapkan perjalan hidupnya melalui novel yang telah dibuatnya yaitu negeri 5 menara. Mas Fuad juga melakukan provokasi-provokasi kepada para peserta PPSDMS untuk percaya akan mimpinya dan tetap terus berjuang akan mimpinya

Materi 25 : Drs. Musholi

Kajian Islam Kontemporer 2

Perlunya menyamakan vektor-vektor yang saling menegasikan dalam bangsa ini gar menjadi vektor yang searah guna pembagunan bangsa ke arah yang lebih baik.

Materi 26 : Unggul Sagena (Komunitas Dunia Maya)

Dengam semakin meningkatnya pengguna warnet, maka diperlukan pengorganisasian para komunitas dunia maya agar sama-sama berbuat kebaikan.

Materi 27: Iim Rusyamsi (Komunitas Tangan Di atas)

Komunitas Tangan di Atas dibangun oleh Badroni Yuziman. komunitas ini merupakan komunitas bisnis yang berawal dari blog yang sangat diminati karena mudah dimengerti, aplikatif, dan berbobot. Isinya tentang bisnis dan motivasi. Kemudian, komunitas blog bisnis ini berkembang untuk melahirkan tenaga wirausahawan yang tangguh dan sukses serta berkontribusi positif bagi peradaban.

Materi 28: Goris Mustakim Komunitas Asgar Muda)

latar belakang didirikannya asgar muda adalah keterpanggilan untuk mengembangkan dan memberdayakan potensi masyarakat Garut. Selain itu, pendirian asgar muda juga dilandasi oleh keyakinan bahwa suatu saat pusat pembangunan akan bergeser ke daerah, atau dari daerah pusat ke periphery, sehigga dibutuhkan persiapan berupa pemberdayaan penduduk daerah.

Materi 29: Salim Segaf Al jufri (Mensos Indonesia)

Pembinaan Social Entrepreneurship

Banyak program dari departemen sosial yang telah dilaksanakan dengan baik.

Materi 30: Laksda TNI (Purn.) Husein Ibrahim

Bagaimana untuk menciptakan (create) pemimpin masa depan? Salah satu cara yang sangat efektif adalah dengan membentuk wadah “Pusat Pembinaan SDM Strategis” pemimpin di bidang sektor publik, sektor private, dan akademisi/sektor ketiga

Materi 31 : Bambang Priantono

PPSDMS adalah LSM startegis. Strategis maksudnya metode yang diaplikasikan harus efektif dan efisien. Allah menciptakan manusia untuk memimpin sebagai khalifah di muka bumi yang mengatur bumi dan segala isinya. Akan tetapi, manusia tidak akan bisa mengatur bumi ini jika belum bisa mengatur dirinya sendiri. Oleh karena itu, perlu diadakan pembinaan terhadap calon-calon pemimpin tersebut melalui program PPSDMS.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s