Menulis Tri Dharma Mahasiswa di Koran

“Tulisan itu membagi zaman jadi 2:  pra sejarah dan sejarah”

Ingatkah Anda pada pelajaran sejarah SMA yang mencantumkan kalimat di atas? Tulisan memang merupakan salah satu karya agung peradaban manusia yang tak akan lekang oleh zaman dan tak pernah terbatasi oleh tempat. Inilah karya agung manusia yang bisa menjadi seni, laporan ilmiah, cerita sastra, wahyu Tuhan, alat politik dan lain-lain.  Inilah karya agung manusia yang bisa digunakan oleh semua orang di Bumi tanpa terkecuali.

Tulisan telah menjelma menjadi berbagai bentuk. Bentuk tulisan yang paling mudah ditemukan, terjangkau oleh setiap lapisan masyarakat dan memiliki harga yang tidak terlalu mahal adalah koran. Bentuk tulisan yang diterbitkan pertama kali pada abad 17 di Eropa ini telah menjadi sebuah alat yang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan masyarakat akan berita. Meskipun saat ini telah banyak alternatif selain koran, namun koran tetap tak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat.

Jumlah koran yang sangat banyak menjadi suatu kekuatan untuk melakukan sebuah perubahan pada masyarakat. Kekuatan koran inilah yang menjadi sasaran bagi banyak elemen masyarakat termasuk para mahasiswa. Menulis di koran dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menjalankan fungsi mahasiswanya dalam Tri dharma perguruan tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat. Fungsi pendidikan dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan menulis artikel tentang cara masuk Perguruan Tinggi. Fungsi penelitian dapat dilakukan dengan mempublikasikan karya ilmiah melalui tulisan populer ke koran. Kemudian, fungsi pengembangan masyarakat dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan menulis artikel di kolom opini ataupun di surat pembaca untuk mencerdaskan dan membela masyarakat.

Lantas, bagaimana caranya tulisan dari mahasiswa bisa lolos dan dimuat di koran? Pada umumnya, koran-koran berskala nasional akan memuat opini dari mahasiswa sepanjang opini mahasiswa ini ditulis dalam bentuk artikel populer bukan artikel ilmiah. Jadi, jangan pernah berharap menemukan artikel di koran yang susunannya teridiri atas pendahuluan, kata pengantar, daftar pustaka, seperti di makalah ilmiah. Tulisan yang dimuat biasanya adalah tulisan yang sesuai dengan tema yang telah diberikan oleh direksi koran tersebut atau bisa juga tulisan yang sesuai dengan isu yang sedang berkembang pada saat itu.

Koran apa saja yang memuat tulisan mahasiwa? Banyak koran, terutama koran nasional, yang memuat tulisan dari mahasiswa. Memasukkan tulisan di koran adalah hal yang tidak begitu sulit asal kita tau cara untuk melakukannya. Berikut adalah daftar koran nasional dan cara memasukkan tulisan untuk dimuat di koran nasional tersebut:

  1. Media Indonesia

Media Indonesia selalu mengadakan kesempatan bagi mahasiswa untuk memasukkan tulisannya di kolom “Opini Publik” setiap hari senin. Caranya adalah dengan menulis sesuai dengan tema dan ketentuan yang dapat dilihat di kolom “Opini Publik” di situs http://www.mediaindonesia.com/. Semua tulisan yang sesuai dengan tema dan peraturan di situs tersebut akan terpampang di sana dan redaksi Media Indonesia akan memilih tulisan terbaik per minggunya. Jika berhasil terpilih, maka penulis akan mendapatkan merchandise dari Media Indonesia. Berikut adalah contoh tulisan saya yang berhasil dimuat di Media Indonesia. Tulisan ini bisa lebih jelas dilihat di sini.

 

  1. Seputar Indonesia

Seputar Indonesia menyediakan kolom khusus untuk mahasiswa yang bernama “Suara Mahasiswa”. Untuk menulis di kolom ini, mahasiswa harus memperhatikan tema dan syarat yang diberikan tentative oleh Direksi Seputar Indonesia. Berikut adalah contoh tulisan saya yang berhasil masuk Seputar Indonesia. Tulisan ini bisa lebih jelas dilihat di sini.


  1. Kompas

Kompas adalah harian dengan oplah terbesar di Indonesia. Kompas juga memberikan 2 kali kesempatan kepada mahasiswa per minggunya untuk menulis pada sesi Kompas kampus di kolom “argumentasi!” dan “liputan kampus”. Jika ingin mencoba menulis untuk Kompas, maka belilah Kompas hari Selasa karena di setiap hari selasa akan ada tema “argumentasi!” yang baru dan keterangan mengenai “liputan kampus”.

  1. Republika

Sebenarnya, tidak ada kolom khusus untuk mahasiswa di Republika hanya ada kolom untuk umum di halaman depan Republika yang bisa diisi oleh siapa saja termasuk mahasiswa. Republika tidak menentukan tema untuk kolom umum ini seperti koran lain, sehingga kita harus sangat cermat dalam memilih tema. Tulisan yang ingin dimuat di koran Republika bisa dikirim ke sekretariat@republika.co.id.

Menulis merupakan salah satu bentuk penerapan tri dharma perguruan tinggi. Menulis bisa dilakukan untuk penelitian, menulis bisa dilakukan untuk pengabdian masyarakat dan menulis juga bisa dilakukan untuk pendidikan. Menulis di koran adalah sarana yang sangat efektif untuk menunjukkan tri dharma kita. Maka, janganlah malu dan janganlah takut untuk menulis di koran!

Hidup Mahasiswa!

Hidup Rakyat Indonesia!

Iklan

17 thoughts on “Menulis Tri Dharma Mahasiswa di Koran

  1. wah terima kasih infonya 🙂 mudah2an contoh artikel yang sudah dimuat tadi bisa jadi referensi yang bagus :).. ada tugas juga nih, membuat artikel dan harus dimuat di koran haha :D,, sampai 5 minggu lagi batasnya :)… kiat2 jitunya boleh nih kaka 😀 gaya penulisannyaa juga 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s