A+X+I+S= Eksis Internet!

Rumus AXIS untuk Eksis di Internet

Dewi Nawangwulan ditinggal di bumi oleh 6 bidadari temannya ke khayangan. Ia tidak bisa terbang pulang karena selendangya hilang dicuri oleh Jaka Tarub. Dengan liciknya, Jaka Tarub mencegah Dewi Nawangwulan kembali ke khayangan untuk dapat dinikahi olehnya. Tapi, Dewi Nawangwulan enggan menikah dengan Jaka Tarub, sang Dewi yang eksis di internet akhirnya memperbarui statusnya (update status) facebooknya. Begini status facebooknya:

“Aduch, selendangku hilang. Ada yang bisa bantu nyari gak?”

Statusnya itu berhasil disukai (like) oleh lebih dari 100 penduduk bumi dan 150 orang penghuni langit. Para penduduk bumi dan penghuni langit kemudian membantu Dewi Nawangwulan untuk mencari selendangnya. Tak lama kemudian, selendang itu berhasil ditemukan dan Jaka Tarub tertangkap basah menyembunyikan seledang itu.

Paragraf di atas hanyalah sebuah imajinasi. Bukan imajinasi yang sembarangan, tapi imajinasi yang benar-benar menggambarkan betapa pentingnya menjadi seseorang yang eksis di internet. Untuk menjadi seseorang yang eksis di internet tidak sulit, cukup pahami rumus di bawah ini.

A= Availability (ketersediaan)

X= eXtra ordinary (unik)

I= Impressed (berkesan)

S= Simple,sustain dan smile

Availability

Availability adalah ketersediaan sumber daya untuk mendukung ke-eksisan kita di dunia internet. Availabillity adalah syarat dasar untuk dapat masuk ke dalam dunia internet.  Availability mencakup adanya piranti keras (hardware) seperti laptop, handphone, tablet, PDA, ataupun PC. Piranti lunak seperti program untuk browser internet mencakup opera, internet explore atau mozilla firefox tak boleh dilupakan. Satu hal lagi yang tak boleh ketinggalan adalah perangkat koneksi yang mencakup jaringan selular, LAN, ataupun bluetooth.

eXtra ordinary

eXtra ordinary adalah kemampuan kita untuk dapat menjadi seseorang yang unik di dunia internet. Untuk menjadi seseorang yang unik di dunia internet, kita harus memiliki input dan output yang unik juga. Input yang unik dapat diperoleh dengan banyak membaca artikel-artikel yang bagus, terbaru dan tentunya unik. Output yang unik dapat dihasilkan dengan banyak hal, mulai dari membuat tulisan yang sangat bermanfaat, fakta yang jarang diketahui sampai yang bersifat kontroversi. Output juga dapat unik jika disertai dengan hal-hal seperti gambar dan video yang menarik. Contoh hal yang eXtra ordinary dapat dilihat dari hot thread kaskus di bawah ini.

Impressed

Impressed adalah output kita dalam dunia maya yang mampu untuk membuat orang lain berkesan. Untuk membuat seseorang berkesan, kita harus membuat output yang berkualitas. Output yang berkualitas dapat berupa sesuatu yang menyentuh perasaan, sesuatu yang baru, ataupun desain orisinil yang bagus.  Contoh yang bisa dilihat adalah status yang dibuat fan page Mario Teguh yang rata-rata bisa disukai (like) oleh lebih dari 15.000 orang.

Simple, sustain and smile

Simple adalah membuat output kita dalam dunia internet ringkas. Semua orang kini sangat suka pada sesuatu yang ringkas, lihat saja fenomena twitter yang hanya 140 karakter, blog mini pada tumblr termasuk dengan gadget masa kini yang sangat ringkas. Semakin ringkas output kita semakin mudah untuk dimengerti tetapi jangan sampai keringkasan ini menghalangi kita untuk menyampaikan maksud kita sebenarnya. Sustain adalah kemampuan kita untuk tetap bertahan lama ada di internet. Sebuah akun faceboook tidak mungkin bisa mendapat teman ribuan, tidak mungkin juga tweet kita bisa langsung di re-tweet oleh banyak orang, semuanya butuh waktu dan itu berati kita harus bertahan lama di internet. Namun, bertahan lama tidak berarti harus 24 jam ada di dunia internet, sesuaikan saja dengan kesibukan kita. Hal yang paling penting adalah SMILE ^^, lakukanlah hal di internet sesuai dengan kegemaran kita sehingga kita bisa tersenyum dalam melakukannya serta lakukanlah banyak hal dalam dunia internet yang dapat membuat orang lain tersenyum. ^^

Selamat mencoba rumus AXIS!!!

Iklan

8 thoughts on “A+X+I+S= Eksis Internet!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s